Kumpulan artikel Terbaru Terupdate 2017

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

ikl
Kolesterol identik dengan jenis penyakit yang menyerang orang dewasa terutama pria. Kolesterol umumnya menyerang pria di atas umur 40 tahun dan juga wanita menopause. Namun, dengan gaya hidup urban seperti saat ini, pola makan yang tidak terarah menjadi penyebab kolesterol yang dapat menyerang siapa saja di usia 20 tahunan. Oleh karena itu, sedini mungkin kita harus menjaga kesehatan dengan mengikuti cara menurunkan kolesterol seperti berikut.

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

1. Pola makan

Hindari makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi seperti cumi-cumi, kuning telur, susu sapi, daging sapi, jeroan, telur puyuh, makanan bersantan, lemak hewan, dan makanan pantangan lainnya yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai gantinya, mulialah konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Buah yang bisa menurunkan kolesterol macam-macamnya seperti jeruk, baik jeruk manis, jeruk nipis, atau jeruk lemon, lalu juga buah apel, anggur, alpukat, delima, tomat, dan apel. Sedangkan untuk asupan protein bisa didapat dari kacang-kacangan maupun olahan kedelai seperti temped dan tahu. Mengkonsumsi 1 bawang putih sehari juga dipercaya efektif menurunkan kadar kolesterol.

2. Olahraga

Kolesterol muncul karena aktivitas yang terbatas terlebih di era di mana teknologi berperan besar dalam membantu pekerjaan manusia. Kecenderungan kita untuk melakukan hal yang serba otomatis membuat kita malas untuk bergerak. Padahal aktivitas fisik mampu menangkal terjadinya kolesterol. Maka dari itu, kita harus mengimbangi gaya hidup modern ini dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dapat dilakukan bersama teman sekantor bersama-sama di akhir pekan. Keuntungan lain dari olahraga adalah untuk menghilangkan stres dan kejenuhan karena berolahraga mampu merangsang hormone kebahagiaan.

3. Tidak kegemukan

Orang dengan berat badan berlebih tentu lebih rentan terhadak kolesterol apalagi kaum muda yang sudah mengalami kegemukan. Hal ini bisa diatasi dengan diet untuk menurunkan berat badan. Namun perlu digaris bawahi bahwa diet yang dimaksud haruslah diet sehat dengan pola makan yang telah diatur dan juga diimbangi dengan olahraga.

4. Cek medis

Tiap individu diwajibkan memiliki satu datu dokter pribadi yang mengetahui riwayat kesehatannya. Dengan mengunjungi dokter secara rutin, anda dapat mengatasi sejak dini gejala kolesterol yang muncul. Bahkan sangat disarankan untuk rutin melakukan medical check-up tiap setahun sekali agar kita tidak merasa ‘kecolongan’ bila kelak kita divonis mengidap kolesterol.

5. Tidak merokok

Selain merusak organ pernapasan, merokok juga berpengaruh dalam meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, hindarilah merokok dan jangan pernah mencoba untuk merokok.

6. Stres

Bisa dikatakan bahwa stres merupakan akar dari segala penyakit tak terkecuali kolesterol. Stres menyebabkan dihasilkannya hormone adrenalin dan kortisol yang membuat kolesterol jahat dalam tubuh meningkat. Hindari stres sedini mungkin dengan melakukan aktifitas menyenangkan dan sempatkan diri untuk berlibur.

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol sebagaimana uraian di atas sebenarnya menunjuk pada pola hidup sehat yang harus dibiasakan sejak dini karena kolesterol itu sendiri merupakan penyakit yang susah terdeteksi dan proses penyembuhannya pun tidak bisa instan.
Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Opick Taopik