Kumpulan artikel Terbaru Terupdate 2017

Manfaat Bawang Putih selain sebagai Bumbu Dapur


Hampir semua masakan khas Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbu utama. Aroma yang khas dan rasa yang sedap membuat bawang putih menjadi barang yang harus tersedia di dapur. Tak hanya sebagai bumbu makanan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat herbal. Manfaat bawang putih dapat diambil dengan cara dioleskan, dikunyah, ditumbuk, serta dapat pula diperoleh dari suplemen bawang putih yang dijual di apotik-apotik.

bawang putih

Manfaat bawang putih dengan olesan
Bawang putih memiliki peran sebagai antibakteri sehingga berperan dalam mengobati berbagai masalah kulit. Jerawat, kutil, panu, gatal, kemerahan, bintitan, hingga masalah kebotakan pada rambut dapat diatasi oleh bawang putih. Caranya relative mudah, ambil bawang putih dan iris menyerong di ujungnya. Oleskan bawang putih hingga kulit terasa basah oleh getahnya. Olesan tersebut akan langsung bereaksi ditandai dengan rasa panas di permukaan kulit, namun jangan khawatir karena akan hilang dengan sendirinya. Setelah kering, oleskan lagi dengan membuat irisan baru.

Manfaat bawang putih yang dikunyah

Satu siung bawang putih yang dikunyah dapat menghambat penyakit yang biasanya menyerang di usia senja. Bawang putih dapat mengurangi kolesterol penyumbat saluran darah, meningkatkan produksi insulin bagi yang menderita diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan, mencegah kanker karena bawang putih membantu kinerja sel darah putih yang menghambat sel kanker, serta mencegah darah tinggi. Bawang putih yang dikunyah tentu memiliki khasiat yang lebih karena dalam proses pengunyahan, mulut mengaktifkan enzim yang dapat membantu proses pencernaan.

Manfaat bawang putih yang ditumbuk

Selain dioleskan, manfaat bawang putih dapat diperoleh dari hasil tumbukan untuk berbagai jenis luka dengan sifat antibakterinya. Cukup letakkan tumbukkan bawang putih di atas luka yang dibersihkan dan tutup dengan kain kasa. Selain itu, bawang putih yang ditumbuk dan kemudian dan direbus ke dalam masakan seperti sop dapat mencegah tubuh dari penyakit khususnya radang tenggorokan, demam, dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan sifatnya sebagai antibiotic alami. Selain itu, merendam bagian anggota tubuh yang gatal karena jamur dengan air yang telah dicampur tumbukan bawang putih dapat mengangkat jamur secara tuntas.

Manfaat bawang putih dalam bentuk suplemen
Saat ini telah dijual bebas suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih. Keuntungannya suplemen ini terletak pada kepraktisannya dan juga tidak menimbulkan bau menyengat saat dikonsumsi. Akan tetapi, mengkonsumsi suplemen bawang putih tidak bisa sembarang alias harus di bawah petunjuk dokter. Lagipula, mengkonsumsi bawang putih secara alami adalah cara yang terbaik.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal terutama dalam masakan, anda harus mengikuti cara masak yang tepat. Tumbuk atau iris bawang minimal 10 menit sebelum dimasak, hal ini dimaksudkan karena panas menyebabkan khasiat bawang putih berkurang dan agar enzim dalam bawang putih dapat dihasilkan melalu reaksinya dengan oksigen. Jadi, pastikan selalu untuk mengupas dan mengiris atau menumbuknya terlebih dahulu sebelum anda mulai mengolah bahan masakan lainnya. Selain itu hindari membeli bawang putih yang telah dikupas maupun yang telah dihaluskan karena khasiatnya tidak akan sama dengan bawang ptuih yang masih segar.
Manfaat Bawang Putih selain sebagai Bumbu Dapur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Opick Taopik